KHAIRANI, SYAHRIDA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKAKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8176171033 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2.NIM. 8176171033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3.NIM. 8176171033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 8176171033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 8176171033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
6. NIM. 8176171033 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 8176171033 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8176171033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8176171033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
13. NIM. 8176171033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. NIM. 8176171033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Validitas, efektivitas dan kepraktisan media pembelajaran matematika menggunakan pendekatan realistik berbantuan geogebra yang dikembangkan; 2)Peningkatan kemampuan spasial matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan geogebra yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Media pembelajaran menggunakan pendekatan realistik berbantuan geogebra pada uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-7 dan uji coba II di kelas VIII-6 MTsN 2 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: Media pembelajaran menggunakan pendekatan realistik berbantuan Geogebra yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk; media pembelajaran menggunakan pendekatan realistik berbantuan Geogebra yang dikembangkan praktis digunakan; media pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal, respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori positif; penggunaan waktu yang ideal, terjadi peningkatan kemampuan spasial matematis berada dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36906 |