PRATIWI, DEWI (2019) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD/MIS MADRISATUL IKBAR TEMBUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153311014 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1153311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3. NIM. 1153311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 1153311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 1153311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 1153311014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1153311014 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM. 1153311014 STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1153311014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
10. NIM. 1153311014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM. 1153311014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
15. NIM. 1153311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence pada materi menulis karangan di kelas V SD/MIS Madrisatul Ikbar Tembung Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran complete sentence pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan di kelas V SD/MIS Madrisatul Ikbar Tembung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD/MIS Madrisatul Ikbar Tembung Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang siswa, dimana 11 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi.
Berdasarkan analisis data, bahwa hasil pada Siklus I Pertemuan I terdapat 5 orang siswa yang termotivasi dengan persentase 16,67% dan 25 orang siwa tidak termotivasi dengan persentase 83,33%, dan pada Pertemuan II terdapat 7 orang siswa yang termotivasi dengan persentase 23,33% dan 23 orang siswa tidak termotivasi dengan persentase 76,67%. Pada Siklus II Pertemuan I terdapat 18 orang siswa yang termotivasi dengan persentase 60% dan 12 orang siswa tidak termotivasi dengan persentase 40%, dan pada Pertemuan II terdapat 29 orang siswa yang termotivasi dengan persentase siswa 96,67% dan 1 orang siswa tidak termotivasi dengan persentase siswa 3,33%. Data penelitian dari angket motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan terdapat 1 orang siswa yang mengalami motivasi tinggi dengan persentase 3,33% sedangkan pada kondisi akhir terdapat 24 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan persentase 80%. Maka dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi menulis karangan di kelas V SD/MIS madrisatul Ikbar Tembung Tahu Ajran 2019/2020.
Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahsa Indonesia materi menulis karangan di kelas V SD/MIS Madrisatul Ikbar Tembung Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 274 |
Keywords: | COMPLETE SENTENCE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36883 |