NASUTION, JULIYANTI (2019) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DASAR TEKNIK OTOMOTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR SISWA DI SMK NEGERI 1 KUTALIMBARU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5152121005 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5152121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. NIM. 5152121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
4. NIM. 5152121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 5152121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
6. NIM. 5152121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 5152121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 5152121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 5152121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 5152121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
14. NIM. 5152121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dasar materi alat ukur siswa SMK Negeri 1 Kutalimbaru. Penelitian ini dilakukan di kelas X TKR sebagai populasi 60 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh siswa kelas X TKR 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dasar alat ukur. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Dalam penelitian ini dianalisis kemampuan siswa dalam memahami konsep alat ukur dengan model pembelajaran problem based learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Kutalimbaru sebanyak 95,8% yang mampu mengidentifikasi alat ukur dengan baik, 91,6% yang mampu membedakan alat ukur berdasarkan aspek kegunaannya, 89,16 % yang mampu melakukan pengukuran benda kerja dengan tepat, 87,5% yang mampu melakukan pembacaan alat ukur dengan benar. Selain itu dalam ketuntasan menjawab tes pemahaman konsep ada 19 siswa (63,3%) memiliki tingkat ketuntasan tinggi, sebanyak 9 siswa (30%) memiliki tingkat ketuntasan sedang, dan sebanyak 2 siswa (6,6%) memiliki tingkat ketuntasan rendah. Pemahaman konsep alat ukur yang paling dikuasai siswa adalah mengidentifikasi alat ukur, beberapa siswa yang telah mampu menggunakan alat ukur dengan baik dan mampu melakukan pembacaan alat ukur dengan tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 099 |
Keywords: | konsep dasar, teknik otomotif, problem based learning, alat ukur |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36872 |