Lyanita (2012) INTERPERSONAL METAFUNCTIONS IN THE CLASSROOM DISCOURSE OF SOCIAL SCIENCE SUBJECT. Masters thesis, UNIMED.
809111036 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
809111036 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
809111036 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
809111036 - BAB I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
809111036 - BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
809111036 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Tesis ini berhubungan dengan penerapan makna antarpersona di dalam wacana kelas dalam bentuk pertukaran dan pergerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki tipe-tipe makna antarpersona yang muncul dalam wacana kelas Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah, untuk menggambarkan penerapan makna antarpersona dalam wacana kelas Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah, dan untuk menggambarkan penguasaan makna antarpersona di dalam wacana kelas Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah. Data penelitian ini adalah transkrip rekaman wacana lisan antara guru-siswa dan siswa-guru di kelas Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah. Data dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) tipe-tipe makna antarpersona yang muncul dalam wacana kelas Sociologi, Ekonomi, dan Sejarah adalah modus dan modalitas. Dalam variasi modus, terdapat deklaratif, deklaratif eliptikal, deklaratif melekat, deklaratif modulasi, eksklamatif, interogatif kata tanya, interogatif polar, imperative, dan minor. Dalam variasi modalitas, terdapat modulasi (inklinasi, obligasi), dan modalisasi (probabilitas, keseringan), (2) realisasi makna antarpersona dalam wacana kelas dalam bentuk pertukaran dan perpindahan. Dalam variasi modus, ada sembilan variasi modus yang terealisasi dalam bentuk pertukaran dan perpindahan. Deklaratif terealisasi dalam pergerakan membuka wicara dan pergerakan merespon wicara. Deklaratif eliptikal terealisasi dalam pergerakan merespon wicara dan pergerakan tindak-lanjut wicara. Deklaratif melekat terealisasi dalam pergerakan membuka wicara dan pergerakan merespon wicara. Modulasi deklaratif terealisasi dalam pergerakan membuka wicara. Eksklamatif terealisasi dalam pergerakan merespon wicara. Interogatif kata tanya terealisasi dalam pergerakan membuka wicara. Interogatif polar terealisasi dalam pergerakan membuka wicara. Imperatif terealisasi dalam pergerakan memusatkan wicara, pergerakan membuka wicara, dan pergerakan merespon wicara. Minor terealisasi dalam pergerakan membingkai wicara dan pergerakan tindak-lanjut wicara. Dalam variasi modalitas, terdapat dua bentuk modalitas terealisasi dalam bentuk pertukaran. Modalisasi (probabilitas dan keseringan) terealisasi dalam pertukaran ilmu. Modulasi (obligasi dan inklinasi) terealisasi dalam pertukaran tindakan, (3) penguasaan makna antarpersona dalam wacana kelas Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah didominasi oleh guru melalui peran utama guru, pertanyaan terjawab guru, gangguan guru terhadap jawaban siswa, giliran wicara, pertanyaan tertutup, ekstraksi pola jawaban, informasi tuntutan siswa, dan tanpa respon siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 415 Lya i |
Keywords: | Lingustik; Pengajaran; Interpersonal metafunctions; Mood; Classroom discourse; Social science |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3685 |