MANURUNG, DEWI FITRIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMKS PRAYATNA 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5152121008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 5152121008 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
3. NIM. 5152121008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM. 5152121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
5. NIM. 5152121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 5152121008 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 5152121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 5152121008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 5152121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
13. NIM. 5152121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 5152121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang rendah pentingnya seorang guru dalam mengubah pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru. Hal tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar secara langsung dan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar secara tidak langsung melalui motivasi belajar pekerjaan dasar teknik otomotif di SMKS Prayatna 2 Medan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen design yang mengambil populasi kelas X SMKS Prayatna 2 Medan, dimana kelas TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data dengan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana , dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Leaning secara langsung terhadap hasil belajar pada materi alat ukur kelas X SMKS Prayatna 2 Medan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai (P = 0,000 < 0.05) pada taraf signifikansi 0.05 dan terdapat yang pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa pada materi alat ukur kelas X SMKS Prayatna 2 Medan Hal ini ditunjukkan oleh (P = 0,000 < 0.05) pada taraf signifikansi 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 100 |
Keywords: | Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar, Pelajaran Pdto |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 10:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36841 |