RANGKUTI, ADE MEIDITA PUTRI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING KELAS V SD NEGERI 106844 DESA PULAU GAMBAR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. Nim. 1153111001_ COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. Nim. 1153111001_Lembar Persetujuan & Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. Nim. 1153111001_Abstrak.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. Nim. 1153111001_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. Nim. 1153111001_Daftar isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. Nim. 1153111001_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. Nim 1153111001_Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. Nim. 1153111001_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. Nim 1153111001_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. Nim 1153111001_BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
14. Nim 1153111001_BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
15. Nim. 1153111001_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada tema Udara Bersih Bagi Kesehatan dengan Menggunakan Model Problem Solving Kelas V SD
Negeri 106844 Desa Pulau Gambar T.A 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus di SD 106844 Desa Pulau Gambar, pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang, dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 8 dan siswa laki-laki 12 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi.Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang yang terdiri dari 20
soal berbentuk pilihan berganda dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pre test, tes siklus I dan tes siklus II dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada tema Udara Bersih Bagi Kesehatan. Lembar observasi guru dan siswa digunakan untuk mengukur kesiapan dan sikap siswa dan guru selama proses belajar mengajar berlangsung.
Berdasarkan analisis data, pada kondisi awal dari 20 orang siswa, hanya ada 2 orang siswa yang mendapat nilai secara tuntas dengan persentase 10 % dan sebanyak 18 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 90 % dan rata-rata nilai kelas 44 . Kemudian dilakukan tindakan
siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan diperoleh 13 orang siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 65% dan 7 orang siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 35 % dan rata-rata nilai 68. Perolehan hasil belajar siswa pada
siklus I meningkat namun perlu ditingkatkan, maka di tindaklanjuti pada siklus II dengan perolehan hasil bahwa 19 orang siswa yang tuntas dengan persentase 95 % dan sebanyak 1 orang siswa tidak tuntas dengan persentase sebanyak 5 % dan rata-rata nilai 83,5. Nilai observasi guru pada siklus I pertemuan pertama yaitu 84 (baik). Nilai observasi siswa mendapat nilai rata-rata yaitu 74,68 (cukup). Kemudian nilai observasi guru pada siklus II yaitu 96 (sangat baik), sedangkan nilai observasi siswa mendapat nilai rata-rata kelas yaitu 90,62 (sangat baik).
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Problem Solving merupakan salah satu model pembelajaran yang membuat siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan aktif dan berfikir kritis secara sistematis serta meningkatkan hasil belajar siswa Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan kelas V SD Negeri 106844 Desa Pulau Gambar T.A 2019/2020. Di sarankan kepada guru-guru agar menerapkan model pembelajaran Problem Solving untuk menyajikan Tema
Udara Bersih Bagi Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 277 |
Keywords: | MODEL PROBLEM SOLVING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3401 School hygiene. School health services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 10:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36838 |