YAMIN, MUHAMMAD (2008) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 27 MEDAN TAHUN AJARANG 2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 6133111054 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 6133111054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 6133111054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 6133111054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 6133111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 6133111054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6133111054 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6133111054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 6133111054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM. 6133111054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM. 6133111054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar shooting bola basket melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMPN 27 Medan TahunAjaran 2019.
Peneliian ini dilaksanakan di SMPN 27 Medan jalan pancing pasar IV no. 2 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 laki-laki, 10 perempuan.Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil belajar dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang menggunakan lembar portofolio, melalui penerapan variasi pembelajaran.Setelah itu maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik dasar shooting bola basket. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan diperoleh 8 siswa (26,66%) yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan 22 siswa (73,33%) belum mencapai ketuntasan. Hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (53,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14orang siswa (46,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 72,21. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. Hasil dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3orang siswa (10%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 85,5. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar shooting pada siswa kelas VIII SMPN 27 Medan Tahun Ajaran 2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 168 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:19 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36778 |