Gurning, Dina Ariska (2019) STUDI TENTANG KONSEP DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA DI KELOMPOK B TK SW. KRISTEN IMMANUEL T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
02 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
03 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
04 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
05 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
06 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
07 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
08 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
12 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
13 NIM 1151113006 DINA ARISKA GURNING - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji konsep diri anak usia 5-6 tahun dan faktor-faktor penyebabnya di TK Sw. Kristen Immanuel dan yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana konsep diri yang dimiliki oleh anak usia 5-6
tahun, faktor-faktor penyebab anak memiliki konsep diri positif maupun negatif, usaha-usaha yang dilakukan guru dalam menanamkan konsep diri positif pada anak, dan bagaimana pola asuh yang diterapkan orangtua dalam menanamkan konsep diri positif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri yang dimiliki anak usia 5-6 tahun pada kelompok B TK KRISTEN IMMANUEL, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab anak memiliki konsep
diri positif maupun konsep diri negatif, untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru dalam menanamkan konsep diri positif pada anak di kelas B, dan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orangtua dalam menanamkan konsep diri positif pada anak. Berdasarkan survey awal, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 15 anak dengan sampel 8 orang anak berusia 5-6 tahun, 8 perwakilan orangtua dari masing-masing anak dan 1 guru kelas.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada narasumber yaitu orangtua dan guru kelompok B TK Kristen Immanuel. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 kategori konsep diri anak
yang diteliti, yaitu ada anak yang memiliki konsep diri positif, anak yang memiliki konsep diri sedang dan ada anak yang memiliki konsep diri negatif.
Usaha-usaha guru yang ditemukan dalam membentuk konsep diri anak sudah tergolong baik. Sedangkan pola asuh orangtua yang diteliti terdapat juga 4 jenis, ada yang menerapkan pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan pola asuh temporizer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 076 |
Keywords: | Konsep diri anak; faktor penyebab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36775 |