SAPUTRA, MUHAMMAD AGIL (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SNK TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5143122019 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 5143122019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 5143122019ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 5143122019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. 5143122019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
6. NIM 5143122019 TABLES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 5143122019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 5143122019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 5143122019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13. NIM. 5143122019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM. 5143122019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Taman Siswa Lubuk Pakam. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajara Pemeliharan Mesin Kendaraan Ringan dengan pokok bahasan sistem pendingin. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pre test sebesar 16,66% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 4 orang dari 24 siswa dengan nilai rata-rata 61,45, pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 45,83% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 dari 23 siswa dan nilai rata-rata sebesar (67,5), dan pada siklus II meningkat mencapai 79,16% dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 19 dari 23 siswa dengan nilai rata-rata mencapai 76,45. Hal ini menunjukkan adanya peningkata hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 054 |
Keywords: | Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36773 |