BUDI HUSNUZON (2019) PENGARUH BIMBINGAN KARIR DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DUMATARI (MODUL PEMAHAMAN DIRI TENTANG KARIR) TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA PADA SISWA DI SMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153351008_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1153351008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 1153351008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 1153351008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 1153351008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 1153351008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM. 1153351008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1153351008_BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
12. NIM. 1153351008_BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
13. NIM. 1153351008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan karir dengan menggunakan modul Dumatari dalam meningkatkan perencanaan karir pada siswa kelas XI IPS semester I SMA Laksamana Martadinata Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Bimbingan Karir dengan Menggunakan Modul
Dumatari Terhadap Perencanaan Karir Pada Siswa di SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Penelitiani ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Semester I sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat perencanaan karir siswa. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan karir dengan menggunakan modul Dumatari. Kemudian data dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian bimbingan karir dengan menggunakan modul Dumatari terhadap perencanaan karir siswa. Hal ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan dengan skor te sawal (pre-test) padakelompokeksperimendiperoleh rata-rata = 93,8 sedangkan data post-test diperoleh
rata-rata = 103,4. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 128 sedangkan Jtabel= 89. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 25, α = 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel di mana 128 > 89, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian bimbingan karir dengan menggunakan modul Dumatari terhadap perencanaan karir siswa SMA Laksamana Martadinata Medan tahun ajaran 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 086 |
Keywords: | BIMBINGAN KARIR, DUMATARI, PERENCANAAN KARIR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1037 Career education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36771 |