TUMANGGER, ERWIN JUPRIADI (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG BULUTANGKIS MELALUI MODEL MENGAJAR VISUAL AUDITORY KINESTETIK PADA KELAS VIII SMP SWASTA NURCAHAYA MEDAN TA 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 6133311029 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 6133311029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 6133311029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 6133311029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 6133311029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 6133311029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
7. NIM. 6133311029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 6133311029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 6133311029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
13. NIM. 6133311029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 6133311029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bola melalui model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik pada kelas VIII SMP swasta Nurcahaya Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP swasta Nurcahaya medan Tahun Ajaran 2019/2020, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang siswa. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan penilaian hasil belajar yang berbentuk fortopolio. Berdasarkan hasil penilaian awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Nurchaya MEDAN, dari 30 siswa terdapat 20 % (24 siswa Tidak Tuntas, 6 siswa Tuntas) setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil belajar yang diperoleh dengan nilai rata-rata 69,14 dengan tingkat ketuntasan klasikal (PKK) sebesar 50% (15 siswa Tidak Tuntas, 15 siswa Tuntas). Peningkatan yang diperoleh dari hasil belajar sebelum diberikan tindakan sebesar 30% , akan tetapi masih ditemukan 15 orang siswa ( 50%) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II di peroleh yaitu 23 orang siswa (76,66%) yang mencapai ketuntasan belajar dan yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 orang siswa (23,33%). Jumlah keseluruhan yang diperoleh siswa pada saat melaksanakan fase awalan adalah 103 dengan skor rata-rata siswa 3,43, fase pelaksanaan adalah 94 dengan skor rata-rata siswa 3,13, dan fase lanjutan adalah 97 dengan skor rata-rata 3,23. Jumlah perolehan skor keseluruhan siswa adalah 276 dengan skor rata-rata 9,2, dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,57.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik dapat memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Servis bulutangkis siswa kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IKOR 050 |
Keywords: | Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Panjang |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36770 |