BR. SIMANJUNTAK, NANI SURYATMA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK SWASTA PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5123342025 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 5123342025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. NIM. 5123342025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 5123342025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. NIM. 5123342025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 5123342025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5123342025 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 5123342025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 5123342025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM. 5123342025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 5123342025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar Kompetensi Teknik Pengolahan Makanan (2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan Media Gambar pada materi Teknik Pengolahan Makanan (3)
Pengaruh penggunaan media Audio Visual dan Media Gambar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Teknik Pengolahan Makanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Tata Boga SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari dua kelas
sehingga berjumlah 60 orang peserta didik. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara teknikn simple random sampling dengan mengambil sebanyak dua kelas. Kelas X Boga1 sebagai kelas eksperimen dan X Boga2 sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik adalah tes pilihan berganda sebanyak 42 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data hasil belajar analisis untuk menguji hipotesis dengan rumus uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media Audio Visual hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media
Gambar. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 75,23 dengan kategori cenderung tinggi 53,33% dan kelas kontrol sebesar 61,43 dengan kategori cenderung cukup 73,33%. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% maka nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga hitung thitung >ttable ( 6,68735758>1,67142) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Penggunaan Media Audio VisualTerhadap Hasil Belajar Boga Dasar Kelas X
SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BOGA 063 |
Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL, HASIL BELAJAR BOGA DASAR |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154 Travel and state. Tourism T Technology > TR Photography T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:17 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36737 |