LUMBAN GAOL, ANDREAS (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENYALAHGUNAAN GADGET SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 MEDAN T.A 2019/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1141151003_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 1141151003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 1141151003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 1141151003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 1141151003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 1141151003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 1141151003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 1141151003_BAB I.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
12. NIM. 1141151003_BAB V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
13. NIM. 1141151003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap penyalahgunaan gadget pada siswa
kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Medan T.A 2019 s/d 2020. Alat ukur yang peneliti gunakan untuk mengetahui penyalahgunaan gadget siswa menggunakan skala likert. Subjek penelitian berjumlah 8 orang yang mempunyai karakteristik skor penyalahgunaan gadget yang tinggi. Analisis data menggunakan uji bertanda wilcoxon, hasil penelitian menunjukkan nilai J hitung = 14 dengan = 0,05 dan n = 8 sehingga nilai J tabel adalah 3. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 14 > 3. Data pre-test atau sebelum pemberian layanan bimbingan
kelompok diperoleh skor rata-rata 112,5 sedangkan data post-test atau setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh skor rata-rata
61,5. Selisih dari skor rata-rata pre-test dan post-test sebesar 51 dan perubahan penurunan interval penyalahgunaan gadget siswa setelah diberi layanan
bimbingan kelompok teknik diskusi 39%. Artinya hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penyalahgunaan gadget siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 095 |
Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK ; TEKNIK DISKUSI ; PENYALAHGUNAAN GADGET |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological tests and testing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:15 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36695 |