Dahliani (2019) ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI PAUD BAIT QURANY SALEH RAHMANY KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176181003 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 8176181003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
3. NIM. 8176181003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 8176181003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM. 8176181003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 8176181003 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 8176181003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 8176181003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176181003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
13. NIM. 8176181003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
14. NIM. 8176181003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kemampuan menghafal AlQur’an pada anak usia dini, (2) Menelaah pelaksanaan pembelajaran menghafal
Al-Qur’an pada anak usia dini, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan (4)
mendeskripsikan faktor penghambat menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini di
Paud Bait Qurany Saleh Rahmany.Penelitian menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah :
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan model interaksi Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah :
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak
yaitu kemampuan minat alamiah yang dilatih berulang-ulang secara optimal
hingga menjadi sebuah prestasi, (2) pelaksanaan pembelajaran menghafal AlQur’an pada anak usia dini dilakukan dengan menggunakan metode talqin,teknik
menghafal dengan rumus jarimatika, dengan pola visual,audio, dan kinestetik, (3)
faktor pendukung dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an yaitu dukungan
orang tua, minat dan bakat, media, serta fasilitas sekolah yang memadai, (4) faktor
penghambat dalam pembelajaran menghafal yaitu faktor intern anak dan faktor
ekstern anak.Hasil penelitian dianjurkan dapat diterapkan di semua Paud berbasis
tahfiz qur’an dengan mengkolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum khas
sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Dah a |
Keywords: | Kemampuan, menghafal, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 02:48 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36685 |