Yulianda, Asri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA TEKS NARASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENELAAH NILAI-NILAI BUDAYA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTAPINANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176191001 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8176191001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 8176191001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8176191001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 8176191001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 8176191001 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM. 8176191001 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8176191001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8176191001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 8176191001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
14. NIM. 8176191001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
15. NIM. 8176191001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media
pembelajaran, khususnya dalam materi teks narasi, seperti diketahui bahwa
pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik
dan dianggap sulit oleh sebagian siswa, sehingga perlu adanya media yang inovasi
dan menarik. Media komik berbasis kearifan lokal dibutuhkan di sekolah SMP
Negeri 3 Kotapinang dalam pembelajaran teks narasi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil pengembangan media komik pada teks narasi berbasis
kearifan lokal untuk menelaah nilai-nilai budaya kelas VII SMP Negeri 3
Kotapinang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan Research and Development (R & D) dirujuk pada model Borg &
Gall yang dikemukakan oleh Sukmadinata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) hasil validasi ahli materi terhadap kelayakan aspek materi memperoleh ratarata 89,37% dengan kategori sangat baik, aspek kelayakan bahasa diperoleh ratarata 83,33% dengan kategori sangat baik, kelayakan aspek penyajian diperoleh
rata-rata 89,58% dengan kategori sangat baik. (2) hasil validasi dari ahli ilustasi
gambar diperoleh rata-rata 100% dengan katergori sangat baik. (3) hasil validasi
dari desain media pembelajaran dari aspek tampilan visual diperoleh rata-rata
80,28% dengan kategori baik, sedangkan dari aspek desain pembalajaran
diperoleh rata-rata 75% dengan kategori baik. (4) respon tanggapan guru dengan
rata-rata 93,33% dengan kategori sangat baik, (5) uji coba perorangan
memperoleh persentase rata-rata 87,21% dengan kategori sangat baik, (6) uji
coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 89,43% dengan kategori
sangat baik, (7) uji coba lapangan terbatas diperoleh persentase rata-rata 91,29%
dengan kategori sangat baik. Pemerolehan hasil efektivitas penggunaan media
komik pada teks narasi berbasis kearifan lokal diperoleh 82,81% (posttest)
sedangkan efektivitas tanpa menggunakan media komik pada teks narasi berbasis
kearifan lokal diperoleh 60,61% (Pretest). Selisih dari posttest dan pretest adalah
22,2 yang mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media
komik pada teks narasi berbasis kearifan lokal menjadi lebih baik dari
sebelumnya. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bagi guru untuk
mempermudah dalam penyampaian materi teks narasi berbasis kearifan lokal,
membantu guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran
teks narasi; bagi siswa adalah agar siswa mampu belajar secara mandiri dan
terarah, minat belajar siswa meningkat pada teks narasi; bagi peneliti menambah
kreativitas dalam pembuatan media pembelajaran yang lebih kreatif, memberikan
pengalaman dan pengetahuan baru dalam mengembangkan media pembelajaran
inovatif untuk pembelajaran teks narasi; bagi peneliti lain adalah sebagai bahan
referensi bagi penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 417.7 Yul p |
Keywords: | kearifan lokal, media pembelajaran, nilai-nilai budaya, teks narasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 08:07 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36672 |