SIMANGUNSONG, NIDIA IVANA (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA METHODIST 8 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153121045 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 4153121045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM 4153121045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM 4153121045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 4153121045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM 4153121045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM 4153121045 TABLES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 4153121045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM 4153121045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
13. NIM 4153121045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM 4153121045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran scientific inquiry dengan multirepresentasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI SMA SMA Swasta Methodist 8 Medan Tp. 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Methodist 8 Medan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 3 kelas. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 1 dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas XI MIA 2. Masing-masing kelas berjumlah 37 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay yang berjumlah 7 soal yang telah divalidkan oleh para ahli validator.
Analisis data pretes kelas eksperimen dan kontrol yang memiliki rata-rata 30,15 dan 28,27 menunjukkan kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, homogen dan memiliki keterampilan proses sains siswa yang sama. Setelah hasil uji dinyatakan normal dan homogen, kemudian dilaksanakan pembelajaran scientific inquiry dengan multirepresentasi di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Setelah pembelajaran selesai selanjutnya dilakukan postes. Analisis data postes kelas eksperimen dan kontrol yang memiliki rata-rata 66,84 dan 51,35 menunjukkan kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, homogen, dan memiliki keterampilan proses sains siswa yang berbeda sebagai pengaruh dari penerapan pembelajaran Scientific Inquiry dengan multirepresentasi pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI SMA SMA Swasta Methodist 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 246 |
Keywords: | SCIENTIFIC INQUIRY; MULTIREPRESENTASI; KETERAMPILAN PROSES SAINS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36649 |