Situmorang, Wenri Fighter (2019) PENGARUH MODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN(TKR) MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 BINJAI T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5143122028 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 5143122028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM 5143122028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 5143122028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 5143122028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM 5143122028 TABLES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. NIM 5143122028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM 5143122028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
12. NIM 5143122028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM 5143122028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran TDO dengan menggunakan Metode Problem Based Learning di kelas X TKR SMK Negeri 2 Binjai, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran TDO dengan menggunakan Metode Discovery Learning, (3) Menjelaskan perbedaan hasil belajar teknik dasar otomotif yang diajarkan dengan model pembelajaran model problem based learning dan discovery learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar TDO. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar TDO kelas eksperimen (menggunakan Metode Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,2 dan standar deviasi 6,488 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning) diperoleh nilai rata-rata 72,93 dan standar deviasi 6,617 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 56,67 %. Hasil uji-t diperoleh nilai t_hitung 6,46 > t_tabel 1,671 , maka dengan ini Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar TDO.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 034 |
Keywords: | Hasil Belajar TDO,Problem Based Learning,Discovery Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36638 |