DAULAY, MHD. AKHIR SAPUTRA (2019) PENGARUH KEGIATAN MELUKIS DENGAN BENANG TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 06 MEDAN BROMO 2018 / 2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
03 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
04 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - PREFACE.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
05 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
07 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
12 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13 NIM. 1153313003 MHD. AKHIR SAPUTRA DAULAY - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh kegiatan melukis dengan benang terhadap perkembangan kreativitas anak karena melukis dengan benang bisa meningkatkan perkembangan kreativitas anak, misalnya pada
saat anak sedang melakukan kegiatan melukis dengan benang dapat mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh melukis dengan benang terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di
tk aisyiyah bustanul athfal 06 medan bromo tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui akibat dari sesuatu/ melukis dengan benang yang diberikan kepada subyek/ anak dengan
menggunakan quasi exsperimen design bentuk randomized posttest only control group. Penelitian eksperimen ini mengelompokkan sampel penelitian menjadi dua kelompok, kedua kelompok tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran menggunakan kegiatan melukis dengan benang, sedangkan pada kelompok kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan kegiatan mewarnai.
Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan uji maan whitney (u-test), yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada 0.025. Hasil penelitian menunjukkan dengan perlakuan yang berbeda diperoleh skor kreativitas anak kelas eksperimen sebesar 42 sedangkan skor yang diperoleh kelas kontrol sebesar 35. Hal ini terlihat bahwa nilai ∞/ 2=0,05/ 2=0,025, nilai utabel ∞= 0,025 n1= 15 , n2=15 sehingga diperoleh Zhitung = -0,03 ≤ Zhitung = 1,96
maka kelas eksperimen dengan menggunakan kegitan melukis dengan benang dan kelas kontrol menggunakan kegiatan mewarnai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 071 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten N Fine Arts > ND Painting N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36626 |