Pasaribu, Santiana (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 & SMA NEGERI 3 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
8106121019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8106121019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8106121019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8106121019 Bab I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8106121019 Bab V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8106121019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Akuntansi antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Berbasis masalah dan Strategi Pembelajaran langsung, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Self efficacy Tinggi dan Self efficacy rendah, (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Self efficacy dalam mempengaruhi hasil belajar Akuntansi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Dan SMA Negeri 3 Binjai 9 kelas dengan jumlah 383 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 73 orang. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban terdiri dari 34 butir soal. Untuk menjaring data Self efficacy siswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya oleh jasa Konsultan Psikolog yang terdiri dari 25 butir angket Self efficacy yang dinyatakan sahih yang digunakan dalam penelitian. Untuk menganalisis tes hasil belajar Akuntansi digunakan korelasi point biserial. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan menggunakan uji Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan menggunakan uji Barlett dan uji Fisher. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Akuntansi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Akuntansi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran langsung, (2) hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki Self efficacy tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Self efficacy rendah dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Self efficacy dalam mempengaruhi hasil belajar Akuntansi. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Berbasis masalah lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki Self efficacy tinggi dan Strategi Pembelajaran langsung lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki Self efficacy rendah. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Akuntansi yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Self efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Pas p |
Keywords: | Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Akuntansi; Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran langsung; Self efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3662 |