MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2019/2020

SIREGAR, PADILA (2019) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1151111041_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1151111041_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1151111041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1151111041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1151111041_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1151111041_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1151111041_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1151111041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1151111041_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1151111041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1151111041_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1151111041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1151111041_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1151111041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1151111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1151111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1151111041_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1151111041_BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1151111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1151111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1151111041_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1151111041_BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Prosedur
tindakan dilakukan dalam dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Data penelitian pada siklus I pertemuan I dari 22 siswa terdapat, 14 siswa (63,64%) dengan kategori kurang aktif, 6 siswa (27,27%) dengan kategori cukup aktif, dan 2 siswa (9,09%) dengan kategori aktif,. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan dengan 8 siswa (36,36%) dengan kategori kurang aktif, 8
siswa (36,36%) dengan kategori cukup aktif, 4 siswa (18,18%) dengan kategori aktif, dan 2 siswa (9,09%) dengan kategori sangat aktif. Kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat dengan 6 siswa (27,27%) dengan kategori sangat aktif, 8 siswa (36,36%) dengan kategori aktif, 6 siswa (27,27%) dengan kategori cukup aktif, 2 (9,09%) siswa dengan kategori kurang aktif. Pada siklus II pertemuan II
terdapat 10 siswa (45,45%) dengan kategori sangat aktif, 12 siswa (54,55%) dengan kategori aktif.
Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 60,08%. Meningkat pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 67,04% sedangkan pada siklus II pertemuan I rata-rata keaktifan
belajar siswa mencapai 75,84%. Meningkat pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata 83,52%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 255
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:26
Last Modified: 12 Dec 2019 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36604

Actions (login required)

View Item
View Item