SIREGAR, PADILA (2019) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1151111041_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1151111041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
3. NIM. 1151111041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 1151111041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM. 1151111041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1151111041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM. 1151111041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 1151111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 1151111041_BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
14. NIM. 1151111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM. 1151111041_BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Prosedur
tindakan dilakukan dalam dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Data penelitian pada siklus I pertemuan I dari 22 siswa terdapat, 14 siswa (63,64%) dengan kategori kurang aktif, 6 siswa (27,27%) dengan kategori cukup aktif, dan 2 siswa (9,09%) dengan kategori aktif,. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan dengan 8 siswa (36,36%) dengan kategori kurang aktif, 8
siswa (36,36%) dengan kategori cukup aktif, 4 siswa (18,18%) dengan kategori aktif, dan 2 siswa (9,09%) dengan kategori sangat aktif. Kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat dengan 6 siswa (27,27%) dengan kategori sangat aktif, 8 siswa (36,36%) dengan kategori aktif, 6 siswa (27,27%) dengan kategori cukup aktif, 2 (9,09%) siswa dengan kategori kurang aktif. Pada siklus II pertemuan II
terdapat 10 siswa (45,45%) dengan kategori sangat aktif, 12 siswa (54,55%) dengan kategori aktif.
Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 60,08%. Meningkat pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 67,04% sedangkan pada siklus II pertemuan I rata-rata keaktifan
belajar siswa mencapai 75,84%. Meningkat pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata 83,52%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 255 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36604 |