HUTABARAT, CHELSYA ROSEMMA (2019) PENERAPAN PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHERING DALAM MEMINIMALKAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111010 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 4151111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 4151111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 4151111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 4151111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM. 4151111010 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM. 4151111010 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
8. NIM. 4151111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM. 4151111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
13. NIM. 4151111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM. 4151111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitan Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meminimalkan kesulitan belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Tanjung Morawa dan untuk mengurangi kesulitan yang dialami siswa serta meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada matematika pokok bahasan Persamaan Garis Lurus. Subjek pemberi tindakan pada penelitan ini adalah peneliti sendiri dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada tindakan ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dilaksanakan melalui tahapan siklus dengan dua kali putaran dimana tiap putaran terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini yaitu berkurangnya kesulitan belajar siswa melalui pengajaran remedial dengan strategi Active Knowledge Sharing. Dari hasil tes yang diberikan, diperoleh bahwa siswa yang mengalami kesulitan pada aspek konsep dengan menggunakan rumus yang tepat terdapat 19 siswa (63,3%) sebelum tindakan, pada siklus I menjadi 12 siswa (40%), dan pada siklus II menjadi 5 siswa (17%). Kemudian pada aspek menghitung diperoleh 25 siswa (83,3%) sebelum tindakan, pada siklus I menjadi 15 siswa (50%), dan pada siklus II menjadi 7 siswa (23%). Dari ketuntasan hasil belajar siswa (ketuntasan siswa ) diperoleh hasil bahwa banyak siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar yaitu 10 siswa (33,3%) sebelum tindakan, 16 siswa (62,86%) pada siklus I, dan 24 siswa (80%) pada siklus II. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pengajaran remedial dengan strategi Active Knowledge Sharing dapat meminimalkan kesulitan belajar siswa pada pelajaran Persamaan Garis Lurus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 180 |
Keywords: | Kesulitan, ketuntasan, pengajaran remedial, strategi active knowledge shering |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36587 |