PANJAITAN, JOSEP FRENGKY (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (DLDE) KELAS X TITL SMK N 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5151130124 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 5151130124 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
3. NIM 5151130124 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM 5151131024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM 5151131024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM 5151131024 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM. 51511131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 515131024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 5151131024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM 5141131024 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar DLDE siswa dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan model pembelajaran Ekspositori (2) Perbedaan hasil belajar DLDE siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah (3) interaksi antara model pembelajaran dan motif berprestasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajar DLDE siswa. jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design faktorial 2 x 2. Populasi penenlitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 60 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaiu tes hasil belajar DLDE pilihan berganda dan instrumen angket motif berprestasi. Dari data yang diperoleh setelah dilakukan penelitian, diperoleh bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar DLDE siswa yang diajar dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan pembelajaran Ekspositori, dimana Fhitung (5,01) > Ftabel (4,01). Hasil penelitian meenunjukkan rata-rata hasil belajar DLDE siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dibandingkan model Ekspositori; (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah dalam pembelajaran DLDE, dimana Fhitung (0,24) > Ftabel (4,01); (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar DLDE siswa, dimana Fhitung (107,3) > Ftabel (4,01). Kegiatan pembelajaran Berbasis Masalah mendorong siswa untuk dapat mengonstruk pengetahuannya sendiri dalam memecahkan sebuah masalah sehingga siswa menjadi aktif, kreatif dan kritis. siswa dengan motif berpretasi tinggi memiliki pandangan positif terhadap pembelajaran DLDE, sehingga hasil belajarnya lebih tinggi dari pada siswa dengan motif berprestasi rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 054 |
Keywords: | PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, EKSPOSITORI, MOTIF BERPRESTASI, HASIL BELAJAR DLDE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education Q Science > QC Physics > QC501 Electricity T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36583 |