SIREGAR, JULISAH (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR RENDAH SISWA UPT SMP NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1152151004_COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM.1152151004_LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
3. NIM.1152151004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM.1152151004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM.1152151004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM.1152151004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM.1152151004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM.1152151004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM.1152151004_BAB I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM.1152151004_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM.1152151004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap minat belajar rendah siswa UPT SMP Negeri 7 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Efektif untuk Meningkatkan Minat Belajar Rendah Siswa UPT SMP Negeri 7 Medan. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan design One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas VII-2 UPT SMP Negeri 7 Medan yang tingkat minat belajarnya rendah. Instrument yang digunakan adalah angket minat belajar rendah. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh sifnifikan pemberian bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 46,91 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 99,91. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh J hitung = 72 , dengan α = 0,05 dan n = 12 sehingga nilai j tabel adalah 14. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 72 >14. Jadi dapat disimpulkan bahwa perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap siswa kelas VII-2 UPT SMP Negeri 7 Medan atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 055 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36562 |