NST, EVA RISNAYANTI (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS SAINTIFIK DI KELAS IV SDN 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153311090_COVER.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2. NIM. 1153311090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 1153311090_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 1153311090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM. 1153311090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM. 1153311090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 1153311090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
8. NIM. 1153311090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM. 1153311090_BAB I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
13. NIM. 1153311090_BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 1153311090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini peneliti mendapatkan bahwa belum ada guru yang mengembang buku ajar, guru hanya berfokus kepada buku yang diberikan oleh pemerintah atau buku yang tersedia disekolah, peneliti mengembangkan buku ajar pecahan berbasis saintifik yang bertujuan untuk mengatahui tentang buku ajar pecahan berbasis saintifik dan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan buku ajar pecahan berbasis Saintifik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penilitian Reseach and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yang menggunakan model prosedural. Model prosedural adalah model deskripsif yang menggambarkan alur atau langkah-langkah prosedural yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk tertentu, tehnik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan data tes.
Dari hasil validasi yang dilakukan kepada ahli materi, ahli bahasa, dan ahli penyajian menunjukkan buku ajar ini adalah valid. Terbukti presentase rata-rata dari hasil validasi materi menunjukkan 96,66% menyatakan valid, hasil validasi oleh ahli bahasa menunjukkan 97,5% menyatakan valid, dan oleh ahli penyajian 89,4% menujukkan valid. Dari hasil analisis data tes uji coba lapangan bahwa buku ajar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 105292. Terbukti dari hasil prete dengan rata-rata 54,53 dan nilai posttes 84,80 yang artinya data tersebut terbukti hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikan dapat dikatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan terbukti secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SDN 105292 Bandar Klippa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 231 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36556 |