KHAIRANI, SILVIA (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 060877 MEDAN PERJUANGAN TA. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153311091_COVER.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2. NIM. 1153311091_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
3. NIM. 1153311091_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
4. NIM. 1153311091_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 1153311091_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 1153311091_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 1153311091_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 1153311091_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 1153311091_BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 1153311091_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 1153311091_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada tema organ gerak hewan dan manusia subtema organ gerak hewan pembelajaran 1 dan 2 kelas V SD Negeri 060877 Medan perjuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Problem Solving dan Model Everyone Is A Teacher Here pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan TA. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan, yang terdiri dari 2 kelas yaitu : kelas VA (kelas eksperimen 1) dan VB (kelas eksperimen 2). Kelas VA dengan jumlah 30 siswa dan kelas VB dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (54,53) dan postest (84,80) sedangkan pada kelas kontrol pretest (54,80) dan postest (71,33) pada taraf signifikan (α = 0,05) kedua kelas berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel yaitu Lhitung (0,157) < Ltabel (0,161), (kelas eksperimen 1) dan Lhitung (0,142) < Ltabel (0,161), (kelas eksperimen 2). Uji homogenitas pada postest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai F(max)< Ftabel yaitu 1,38 < 1,86. Dilakukan uji t pada taraf (α = 0,05) thitung > ttabel yaitu 6,63 > 1,80. Dengan ini membuktikan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan T.A 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 232 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36555 |