LUMBAN GAOL, IIN ELVIN (2019) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-1 SMPN 3 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111032 COVER. PDF.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM. 4151111032 APPROVAL SHEET. PDF.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3. NIM. 4151111032 ABSTRACT. PDF.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 4151111032 PREFACE. PDF.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
5. NIM. 4151111032 TABLE OF CONTENT. PDF.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM. 4151111032 TABLES. PDF.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 4151111032 ILLUSTRATION. PDF.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 4151111032 APPENDICES. PDF.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
9. NIM. 4151111032 CHAPTER I. PDF.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
13. NIM. 4151111032 CHAPTER V. PDF.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 4151111032 BIBLIOGRAPHY. PDF.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul T.A 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi relasi dan fungsi. Instrumen yang dipakai tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari 67,08 di siklus I menjadi 78,75 di siklus II, dengan persentase secara klasikal 63% di siklus menjadi 86,65% di siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 167 |
Keywords: | CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, PEMAHAMAN KONSEP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36552 |