Simatupang, Suparmin (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 GEBANG KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
8106122039 JUDUL.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
8106122039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8106122039 BAB I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8106122039 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8106122039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa biologi yang merniliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan gaya berpikir sekuensial konkrit, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mernpengaruhi hasil belajar biologi siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII (delapan) siswa SMP Negeri l Gebang dan SMP Negeri 2 Gebang Kabupaten Langkat, yang masing-masing memiliki 5 (lima) kelas. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 (dua) kelas dengan menggunakan cluster random sampling, yang masing-masing terdiri dari 40 orang siswa, baik dari SMP Negeri 1 Gebang maupun SMP Negeri 2 Gebang Kabupaten Langkat. Sebelurn perlakuan diberikan, terlebih dahulu diberikan angket gaya berpikir siswa untuk membedakan jenis sekuensial abstrak dan sekuensial konkrit. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 50 soal yang diujicobakan temyata sebanyak 40 soal yang memenuhi persyaratan (valid), Koefisien reliabilitas tes hasil belajar siswa sebesar 0,819 dan koefisien reliabilitas gaya berpikir siswa sebesar 0,658. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur. Sebelum teknik analisis digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pernbelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 17,11 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan a = 0,05. (2) Siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak memperoleh hasil belajar biologi yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 95,52 > Ftabel = 3,12 pada taraf -signifikan a = 0,05. Dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 39,27 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan a = 0,05dengan dk = (1,76).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Sim p |
Keywords: | Belajar; Biologi; Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran ekspositori; Kecerdasan visual-spasial; Gaya berpikir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3653 |