BR PANDIANGAN, RINI AFRIANTI (2019) PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PARDOMUAN SIEMPATNEMPU HILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2151111048 HALAMAN SAMPUL .pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2151111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
3. NIM. 2151111048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 2151111048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 2151111048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 2151111048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM. 2151111048 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
12. NIM. 2151111048 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 2151111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Sugesti Imajinatif Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pardomuan Siempatnempu Hilir Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pardomuan sebanyak 78 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas X TKRO sebanyak 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 62,5, standar deviasi 14,97, dan standar error sebesar 2,53 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,11, standar devisi 12,30, dan standar error sebesar 1,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dalam menulis puisi setelah menggunakan metode sugesti imajinatif lebih tinggi dari pada nilai sebelum menggunakan metode sugesti imajinatif. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan〖 t〗_0 dengan tabel t taraf siginifikan 5% dengan df=N-1=36-1=35 diperoleh taraf signifikan 5%=2,03. Karena t_0 diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 4,16> 2,03, maka hipotesis nihil (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homongen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Metode Sugesti Imajinatif Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pardomuan Siempatnempu Hilir Tahun Pembelajaran 2018/2019 berpengaruh positif dalam menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 163 |
Keywords: | Pengaruh, Metode Sugesti Imajinatif, Menulis, Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36453 |