SIMAMORA, TULUS MICHAEL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DOLOK SANGGUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153121027 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 5153121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3. NIM. 5153121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM. 5153121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
5. NIM. 5153121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 5153121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM. 5153121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 5153121027 APPINDICES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM. 5153121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
13. NIM. 5153121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM. 5153121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Teknik kelas X teknik pemesinan SMK N 2 Dolok Sanggul Tahun Ajaran 2018/2019. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X Teknik Pemesinan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dan diselesaikan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan, refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK N 2 Dolok Sanggul yang terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, tes pilihan berganda dan tugas project.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatakan hasil belajar Menggambar Teknik. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan pada tes awal yaitu sebesar 16,67% dengan nilai rata-rata 53,5. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 60% dengan niai rata-rata 72. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik dari ketuntasan maupun nilai rata-rata. Pada siklus II ketuntasan semakin meningkat, yaitu sebesar 83,33% dan nilai rata-rata 80,16. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK N 2 Dolok Sanggul Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 083 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:16 |
Last Modified: | 13 May 2020 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36365 |