Sinaga, Marben (2012) HUBUNGAN EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.
809131031 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (0B)
809131031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
809131031 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
809131031 Bab I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
809131031 Bab V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
809131031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: 1) Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru, 2) Motivasi kerja dengan Kinerja Guru, 3) Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja secara bersama-sama dengan Kinerja Guru. Populasi penelitian adalah guru-guru SMP Negeri Kabupaten Samosir sebanyak 305 orang. Sampel penelitian sejumlah 78 orang yang diambil secara Proportional Random Sampling. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional. Instrumen pengumpulan untuk semua variabel menggunakan angket berskala Likert. Sebelum instrumen penelitian dipakai untuk mengumpulkan data penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas angket digunakan rumus product momen, dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, digunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara : (1) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, nilai korelasi sebesar 0.468 dan besar thitung > ttabel (4.614 > 1.99), (2) motivasi kerja dengan kinerja guru, nilai korelasi sebesar 0.654 dan besar thitung > ttabel (7.541 > 1.99), (3) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru, besar korelasi Rhitung yakni 0.738 dan besar Fhitung > Ftabel (44.898 > 3.12), maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru dapat diterima dan diuji kebenarannya.Hasil penelitian ini hendaknya berguna bagi para mahasiswa, guru, dan pihak sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja gurunya. Kepala sekolah disarankan perlu meningkatkan kemampuan kepemimpinannya dan perlu ikut langsung berpartisipasi bersama guru untuk menyelesaikan pekerjaan. Guru disarankan sebaiknya perlu secara bersama-sama meningkatkan motivasi kerjanya yakni dengan berusaha untuk menguasai berbagai metode, pendekatan dan strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mewujudkan kinerja guru yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.230 68 Sin h |
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala sekolah; Guru; Motivasi kerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3628 |