Mutiara, Salmah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7152142012 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 7152142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3. NIM. 7152142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM. 7152142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 7152142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 7152142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 7152142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
12. NIM. 7152142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM. 7152142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Yayasan Pendidikan Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 orang siswa (36,67%) yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria aktif meningkat menjadi 20 orang siswa (66,67%). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata 43 yang diperoleh dari pre-test dengan siswa yang tuntas 5 siswa (16,67%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 68,97 dengan siswa tuntas 19 siswa (63,33%) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 84,77 dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (90%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Transaksi Penjualan Barang Dagang di Kelas XI SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 197 |
Keywords: | Aktivitas,Hasil Belajar Akuntansi, Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 10:29 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36231 |