ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN KOTA

Simamora, Siti Suharni (2012) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN KOTA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106174016 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8106174016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 8106174016 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8106174016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 8106174016 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8106174016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8106174016 Bab I.pdf]
Preview
Text
8106174016 Bab I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 8106174016 Bab V.pdf]
Preview
Text
8106174016 Bab V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 8106174016 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8106174016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di 5 SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Kota yang bertujuan (1) Untuk mengetahui frekuensi pelaksanaan praktikum biologi kelas VII semester genap (2) Untuk mengetahui keadaan sarana laboratorium biologi dan (3) Untuk mengetahui berbagai permasalahan dalam pelaksanaan praktikum biologi kelas VII semester genap. Metode penelitian adalah deskriptif survey explorative dengan instrumen kuesioner dan hasilnyadianalisis. Populasi penelitian adalah seluruh guru yang mengajar mata pelajaran biologi di kelas VII dan seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan sarana laboratorium biologi di SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Kota tergolong kurang memadai dengan rata-rata 39% frekuensi pelaksanaan praktikum biologi kelas VII pada semester genap di SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Kota jarang dilaksanakan dengan rata-rata 39,99%. Permasalahan dalam pelaksanaan praktikum biologi semester genap kelas VII di SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Kota cukup banyak yaitu 52,51%. Hal ini disebabkan kurang tersedianya kelengkapan sarana dan prasarana praktikum seperti ruangan laboratorium yang standar, meja/ kursi yang cukup dengan jumlah siswa, buku penuntun serta jadwal praktikum.Ruang laboratorium yang ada tidak hanya digunakan untuk belajar tetapi juga dimanfaatkan sebagai gudang, tempat rapat guru-guru serta ruangan pertemuan OSIS. Kemampuan guru dalam pelaksanaan praktikum biologi masih kurang dan belum ada petugas khusus laboratorium.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.7 Sim a
Keywords: Praktikum; Laboratorium; Biologi; Kurikulum; Sains; Guru; Siswa; Ilmu pengetahuan alam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Feb 2017 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item
View Item