PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS IX MTSN 3 MEDAN

Putri, Intan Permata (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS IX MTSN 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106122012 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8106122012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of 8106122012 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8106122012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 8106122012 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8106122012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 8106122012 Bab I.pdf]
Preview
Text
8106122012 Bab I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 8106122012 Bab V.pdf]
Preview
Text
8106122012 Bab V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8106122012 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8106122012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Fisika.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran Fisika, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga orang siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan empat puluh siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Fisika berada pada kualifikasi sangat baik (92.08%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (87.00%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (92.10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (93.10%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (96.78%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (94.92%). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji efektifitas produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX semester genap tahun pelajaran 2011-2012 di MTsN 3 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran interaktif dan 40 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran power point sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 7.73 pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk 78 diperoleh ttabel = 1.994, sehingga thitung > ttabel, efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif = 86.13%. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 86.13% sedangkan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks sebesar 71.00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Put p
Keywords: Belajar; Fisika; Media; Pembelajaran interaktif; Macromedia flash; Storyboard; Komputer
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Feb 2017 05:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item
View Item