Khairani, Nur Aulia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI OPTIK GEOMETRI GUNA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176176012 Cover.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2. NIM 8176176012 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3. NIM 8176176012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM 8176176012 Lembar Persembahan.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
5. NIM 8176176012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
6. NIM 8176176012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7. NIM 8176176012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. NIM 8176176012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM 8176176012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
10. NIM 8176176012 BAB I.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
14. NIM 8176176012 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
15. NIM 8176176012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-learning berbasis moodle
yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi optik geometri,
mengetahui pengaruh media e-learning dengan moodle terhadap hasil belajar, dan
mengetahui respon peserta didik terhadap media e-learning dengan moodle yang
dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan S. Thiagarajan 4-D yang terdiri dari
empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop
(pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Media yang dikembangkan dinilai
kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, ahli teknologi, guru fisika, uji coba satu
lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, serta respon peserta didik.
Media e-learning berbasis moodle diterapkan pada kelas XII IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, wawancara, observasi, pretest dan posttest. Data yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penilaian media yang dikembangkan menurut para ahli termasuk dalam
kategori Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil belajar peserta
didik yang menggunakan media e-learning berbasis moodle lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan media e-learning berbasis
moodle. Respon peserta didik terhadap media e-learning berbasis moodle secara
keseluruhan termasuk dalam kriteria sangat layak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 535 Kha p |
Keywords: | Media E-learning Berbasis Moodle, Hasil Belajar, Respon Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:08 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36123 |