Parida, Fransiska (2019) PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBANTUAN FILM ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TAMBUSAI UTARA ROKAN HULU RIAU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176192012 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 8176192012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 8176192012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8176192012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8176192012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 8176192012 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 8176192012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 8176192012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
8. NIM. 8176192012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
13. NIM. 8176192012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
14. NIM. 8176192012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbantuan film anak pada
materi teks fabel untuk Kelas VII SMP Negeri 6 Tambusai Utara Rokan Hulu
Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and
Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk
awal, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi
materi termasuk kelayakan isi dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat
baik, kelayakan Penyajian dengan rata-rata 92,4% dengan kategori sangat baik,
dan penilaian aspek bahasa dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat baik.
Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba
kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata
86,1% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata
91,2% dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan ratarata 88,99% dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui
hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. skor rata-rata pada pretest 63 dan
pada posttest 78. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks fabel berbantuan
film anak layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas VII di
SMP Negeri 6 Tambusai Utara Rokan Hulu Riau. Penelitian ini berimpilkasi
dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar berbantuan film
anak yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam
pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, bahan ajar berupa modul ini dapat
menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam
menyampaikan materi teks fabel yang diajarkan, memperkaya dan menambah
pengetahuan siswa tentang teks fabel dan film sehingga pembelajaran akan lebih
menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 899.222 Par p |
Keywords: | bahan ajar, teks fabel , berbantuan, film, pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4500 Essays (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:23 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36063 |