Sipayung, Effendi (2012) PELAKSANAAN RENCANA PENGEMBANGAN GURU MADRASAH (STUDI KASUS DI MTS NEGERI 2 MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
071188130003 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071188130003 PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
071188130003 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
071188130003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
071188130003 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
071188130003 - BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
071188130003 - BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
071188130003 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan rencana pengembangan guru di MTs Negeri 2 Medan. Karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan kajian dokumen. Data penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Keterpercayaan data diperiksa dengan teknik kredibilitas, transperabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.Ada empat temuan dalam penelitian ini, yaitu :Penyusunan rencana pengembangan guru di MTs Negeri 2 Medan ini dilakukan dengan cara musyawarah yang melibatkan para staff, guru, komite, madrasah dengan tujuan agar personil madrasah memiliki keterampilan mengajar, komitmen tugas dan tanggung jawab. Formulasi rencana pengembangan mutu guru mencakupo kegiatan MGMP (workshop, pelatihan), kegiatan supervisi kelas, dan pembinaan mental guru dan pegawai. Pelaksanaan program pengembangan guru MTs Negeri 2 Medan melalui kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) melalui workshop dan pelatihan keterampilan mengajar guru untuk meningkatkan profesionalitas dan keterampilan mengajar sehingga tercapai efekivitas pembelajaran. Pelaksanaan supervisi kelas dilaksnakan dalam membantu guru menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Dalam hal ini supervisi kelas melaksanakan oleh kepala sekolah dengan dukungan pengawas, wakil kepala madrasah dan komite madrasah. Pelaksanaan kegiatan pembinaan mental sebagai satu upaya pengembangan kepribadian guru dilaksnakan dengan cara menghadirkan para tokoh keagamaan,pemndidikan, dan para cendikiawan terutama upaya peningkatan kualitas guru di MTs Negeri 2 Meda. Memaksimalkan pencapaian peningkatan kualitas guru yang didapatkan guru dengan mengikuti Bintal (Bimbingan Mental) padasetiap 1 bulan sekali yang meliputi berbagai bidang pendidikan. Sekolah telah melakukan kerjasama dengan guru-guru, komite sekolah, kanwil, Depag SU untuk menyusun dan melaksanakan program-program pendidikan dan peningkatan kualitas guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.1 Sip p |
Keywords: | Manajemen; Tenaga kependidikan; Guru; Pelatihan; Perencanaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3600 |