Baros, Wan Anisa Maulidya (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS LITERASI OLEH SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156192030 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM. 8156192030 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 8156192030 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 8156192030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 8156192030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 8156192030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 8156192030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 8156192030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 8156192030 BAB I.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
13. NIM. 8156192030 BAB V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM. 8156192030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi itu rendah diketahui dari
bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa berdasarkan buku teks saja, buku
tersebut merupakan satu-satunya sumber informasi untuk pembelajaran. Semua
pembelajaran materi menulis dan catatan untuk siswa semuanya bersumber dari
buku teks. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di
sekolah belum mampu memenuhi kriteria tersebut. Isi buku paket bahasa
Indonesia belum mendeskripsikan secara komprehensif isi silabus
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg & Gall
(dalam Sugiyono 2015: 408) menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan
(Research and Development/R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan
untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk diperuntukan dalam
pendidikan dan pembelajaran.Penelitian pengembangan menurut Sugiyono terdiri
dari sepuluh langkah prosedur pengembangan, yang mencakup aspek (1) Potensi
Masalah, (2) Desain Produk, (3) Validasi Desain, (4) Perbaikan Desain, (5) Uji
Coba Produk, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Pemakaian, (8) Revisi Produk, dan
(9) Pembuatan Secara Massa.
Rata-rata nilai siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum
menggunakan bahan ajar yang dikembangkan sebesar 52,33 sedangkan perolehan
rata-rata setelah menggunakan bahan ajar 75,56. Hal ini membuktikan bahwa
hasil belajar siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi meningkat
dengan selisih nilai 23,33 dan produk bahan ajar berbentuk modul berbasis literasi
efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi menulis teks laporan hasil
observasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 411 Bar p |
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Teks laporan Hasil Observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 01:41 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35975 |