Khayroiyah, Siti (2012) ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN BIASA PADA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
809171043 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
809171043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
809171043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
809171043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
809171043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
809171043 BAB I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
809171043 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
809171043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran biasa, (2) mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran biasa, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran matematika yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 6 Medan. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-5 (kelas eksperimen), kelas yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan tes penalaran.Analisis data dilakukan dengan ANAKOVA dan ANAVA. Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Kemampuan penalaran matematika yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. (5) Respon siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih positif. Peneliti menyarankan : 1) model pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif dikelas yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa; 2) perangkat pembelajaran instrumen penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru; 3) peneliti selanjutnya dapat mengadaptasi langkah-langkah dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Kha a |
Keywords: | Belajar; Matematika; Pemecahan masalah; Penalaran; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3595 |