Fahmi, Arizal (2012) PENERAPAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KOMPARATIF KONSEP DAN KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP). Masters thesis, UNIMED.
0809725003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
0809725003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
0809725003 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
0809725003 BAB V.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
0809725003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) membandingkan kemampuan kreatifitas pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (3) Mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional, (4) Mendeskripsikan tingkat kreatifitas siswa dalam pemecahan masalah matematika yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional, (5) Mendiskripsikan kadar aktifitas aktif siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional, (6) Mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Indrajaya. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari enam kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemahaman konsep matematika, tes kemampuan kreativitas dalam pemecahan masalah matematika dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,952 dan 0,952 berturut-turut untuk kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematika dan tes kemampuan kreativitas dalam pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarians (anakova). Hasil utama dari penelitian ini adalah secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematika dan tes kemampuan kreativitas dalam pemecahan masalah matematika dibandingkan siswa yang pembelajaran dengan pengajaran konvensional. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: (1) secara klasikal tingkat kemampuan pemahaman konsep pada kelas kontrol hanya sebesar 3,125%, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 84,375%, (2) secara klasikal tingkat kreativitas dalam pemecahan masalah pada kelas kontrol hanya sebesar 0,00%, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 9,375% (3) kadar aktivitas aktif siswa telah memenuhi waktu persentase ideal yang ditetapkan dalam bab III. (4) nilai rata-rata kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk setiap fase pembelajaran sebesar dari 4,79 (sangat baik). (5) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pengajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Fah p |
Keywords: | Berpikir kreatif; Matematika; Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Tipe jigsaw; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3593 |