Nurjannah (2018) PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2018, Desember 2018, Universitas Negeri Medan.
text.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Pendidikan berbasis keunggulan lokal adalah usaha untuk mewujukan pembelajaran yang memanfaatkan keunggulan lokal
dalam aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, bahasa, ekologi, dan lain-lain yang semuanya
bermanfaat bagi pengembangan potensi peserta didik. Aspek kearifan lokal perlu dimasukkan ke dalam dunia pendidikan
agar siswa dan masyarakat dapat mengetahui potensi keunggulan daerah masing-masing, memahami aspek-aspek yang berhubungan, serta dapat menggali lebih lanjut potensi tersebut di masa mendatang untuk tetap bersaing secara global namun tidak melupakan nilai-nilai lokal yang menjadi ciri khas daerahnya dan bangsa Indonesia. Melalui pendidikan berbasis kearifan local karakter bangsa dan daerah dapat lebih kokoh sehingga menghasilkan generasi bangsa yang paham nilai-nilai lokal serta mampu menggali potensi daerahnya masing-masing. Penyelenggaraan pendidikan berbasis kearifan lokal dilakukan dengan mengintegrasikannya dalam mata pelajaran sekolah, menjadi mata pelajaran muatan lokal, maupun keterampilan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan; Kearifan Lokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN406 Cultural traits, customs, and institutions G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451 Intellectual life L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 08:30 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35873 |