Siregar, Hapni Laila (2018) INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2018, Desember 2018, Universitas Negeri Medan.
Text.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Lahirnya pandangan dikotomi ilmu di dunia Islam yaitu pemisahan ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama, telah berimplikasi pada kemunduran dan ketertinggalan ummat Islam dalam ilmu pengetahuan. Kesadaran ini kemudian mendorong lahirnya para tokoh pembaharu di berbagai belahan negara muslim. Meskipun setiap tokoh pambaharu memiliki model dan pemikiran tersendiri untuk membangkitkan ketertinggalan dan keterpurukan ummat Islam namun mereka membawa satu spirit yang sama yaitu perlunya integrasi sains dan Islam. Ada banyak bentuk integrasi sains dan Islam yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah memasukkan unsur sains pada mata pelajaran keagamaan. Upaya mengintegrasikan sains ke dalam mata pelajaran PAI akan mengoptimalkan pencapaian tujuan PAI. Pelibatan sains dalam menjelaskan aqidah, ibadah dan akhlak, sangat berguna bagi peserta didik karena materi agama menjadi mudah diterima logika. Demikian pula, penjelasan saintifik dalam pembahasan fiqh dapat dimanfaatkan untuk memperkuat doktrin keagamaan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Integrasi, Sains, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 08:43 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35872 |