Noviati, Yuni (2018) PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
58. yuni novianti.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
Abstract
Masalah yang sering terlihat yaitu: masih banyak guru menunjukkan hasil yang kurang memuaskan dalam hal: (1) Analisis
Kompetensi Dasar dan Perumusan Indikator (2) Karakteristik Peserta Didik, Konstruktivisme dan Gaya Belajar,(3) Implementasi Model-model Pembelajaran di Sekolah Dasar, dan (4)Pengembangan Penilaian Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Dan rendahnya kualitas guru dalam mengajar itu berdampak pada siswa. Sehingga banyak siswa yang tidak mampu bersaing dalam menghadapi jaman yang serba canggih dan modern ini. Peran guru profesional sangat penting sebagai kunci keberhasilan peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Peningkatan mutu pendidikan akan berhasil dengan baik apabila ditunjang oleh mutuguru yang baik. Peran guru sangat dibutuhkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kehadiran guru profesional akan mampu memberikan “kesejahteraan pedagogik” kepadasetiap peserta didik yang akan
meningkatkan kecerdasan bangsa yang selanjutnya akanbermuara pada kesejahteraan umum. Keberhasilan Indonesia
dalam menghadapi revolusi industri 4.0 turut ditentukan oleh kualitas dari pendidik seperti dosen, guru maupun tenaga
pendidik lainnya. Para pendidik dituntut menguasai keahlian,kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global. Jadi jelas nyata SDM yang berkualitas harus disiapkan dalam menghadapi Revolusi Industri ke 4.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru, revolusi Industri 4.0 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 08:05 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35865 |