Arnas, Erwina Amalia Juita (2012) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM REAL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, UNIMED.
8106142005 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8106142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
8106142005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8106142005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8106142005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
8106142005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8106142005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8106142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8106142005 BAB I.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8106142005 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8106142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium real dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual, (2) mengetahui perbedaan yang hasil belajar antara siswa dengan sikap ilmiah tinggi, sedang dan rendah, (3) melihat apakah terdapat interaksi yang terjadi antara model pembelajaran praktikum dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa serta (4) mengetahui aspek kognitif manakah yang terkembangkan melalui kedua model praktikum tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI-IPA SMA Panca Budi, Medan. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi digunakan sebagai sampel yang terdiri dari dua kelas dan dibagi menjadi dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen I diberi pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium real dan kelas eksperimen II diberi pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan Laboratorium Virtual. Instrumen tes yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda (r11 = 0,892) dan lembar observasi sikap ilmiah siswa yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek sikap ilmiah siswa. Teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan General Linear Model Multivariate dengan program SPSS 19. Hasil analisis yang diperoleh adalah : (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium real dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual (sig. 0,019), (2)terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan sikap ilmiah tinggi, sedang dan rendah (sig. 0.000), (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran praktikum dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa (sig. 0.186) serta (4) aspek kognitif yang terkembangkan melalui kedua model praktikum tersebut adalah aspek kognitif penerapan (C3) dengan nilai rerata gain 0.826 (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Arn p |
Keywords: | Laboratorium real; Laboratorium virtual; Pembelajaran berbasis masalah; Larutan penyangga |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3586 |