PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM REAL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

Arnas, Erwina Amalia Juita (2012) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM REAL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106142005 COVER.pdf]
Preview
Text
8106142005 COVER.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
8106142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
8106142005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
8106142005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8106142005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8106142005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8106142005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8106142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 BAB I.pdf]
Preview
Text
8106142005 BAB I.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 BAB V.pdf]
Preview
Text
8106142005 BAB V.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 8106142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8106142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium real dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual, (2) mengetahui perbedaan yang hasil belajar antara siswa dengan sikap ilmiah tinggi, sedang dan rendah, (3) melihat apakah terdapat interaksi yang terjadi antara model pembelajaran praktikum dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa serta (4) mengetahui aspek kognitif manakah yang terkembangkan melalui kedua model praktikum tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI-IPA SMA Panca Budi, Medan. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi digunakan sebagai sampel yang terdiri dari dua kelas dan dibagi menjadi dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen I diberi pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium real dan kelas eksperimen II diberi pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan Laboratorium Virtual. Instrumen tes yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda (r11 = 0,892) dan lembar observasi sikap ilmiah siswa yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek sikap ilmiah siswa. Teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan General Linear Model Multivariate dengan program SPSS 19. Hasil analisis yang diperoleh adalah : (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium real dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan PBL yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual (sig. 0,019), (2)terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan sikap ilmiah tinggi, sedang dan rendah (sig. 0.000), (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran praktikum dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa (sig. 0.186) serta (4) aspek kognitif yang terkembangkan melalui kedua model praktikum tersebut adalah aspek kognitif penerapan (C3) dengan nilai rerata gain 0.826 (kategori tinggi).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Arn p
Keywords: Laboratorium real; Laboratorium virtual; Pembelajaran berbasis masalah; Larutan penyangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 03 Feb 2017 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item
View Item