Tarigan, Monica Agita (2018) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn). In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
52. monika.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran adalah proses interaksi antara guru dan peserta didik. Agar interaksi guru dengan peserta didik dapat berjalan dengan baik, peserta didik harus memiliki rasa percaya diri untuk dapat berkomunikasi dengan guru. Seperti ada beberapa peserta didik yang cenderung berani menjawab pertanyaan meskipun belum tentu benar, ada juga beberapa peserta didik yang tahu jawabannya tetapi tidak berani menjawab. Kepercayaan diri adalah tindakan yang timbul dari dalam diri seseorang yang berlandaskan karena ia merasa yakin, mampu, dan memiliki pengetahuan, serta memiliki pengalaman terhadap suatu hal. Sehingga kepercayaan diri peserta didik sangat perlu ditingkatkan, agar peserta didik memiliki keberanian untuk berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya dalam menyampaikan pendapatnya di kelas. Kepercayaan diri dapat ditingkatkan dengan pendidikan karakter yang diberikan, agar peserta didik memiliki kemauan, kesanggupan, dan keberanian dalam bertindak dan berkomunikasi. Pendidikan karakter adalah segala usaha untuk mempengaruhi karakter peserta didik menjadi lebih baik. Salah satu mata pelajaran yang mengambil bagian dalam proses
pendidikan karakter yaitu Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Kepercayaan Diri, Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 03:34 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35842 |