PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 050602 KUALA TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Br. Tarigan, Ester Novitalina (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 050602 KUALA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 47. ester.pdf]
Preview
Text
47. ester.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sering ditemukan siswa yang beranggapan belajar itu tidak penting hanya sekedar cerita yang diulang dan beranggapan bahwa saat belajar banyak sekali hal-hal yang harus dihafal, dan tidak ada tantangan yang menarik untuk membuat mereka berpikir lebih jauh ke depan, padahal sebenarnya belajar merupakan bekal bagi mereka untuk dapat menyelesaikan setiap kesulitan yang akan dihadapi. Implementasi pendidikan karakter harus menjadi fokus utama dalam pendidikan. Melalui karakter yang sistematis pendidikan anak akan cerdas emosional. Kecerdasan emosional adalah sebuah Ketentuan penting untuk mempersiapkan anak. Seseorang akan lebih mudah berhasil menghadapi segala macam tantangan jika kehidupan yang cerdas emosional, termasuk di bidang akademik. Untuk dapat mencapai tujuan itu maka guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menarik bagi siswa karena dengan adanya suatu teknik yang baru, dengan kemasan yang bagus, serta didukung oleh alat-alat berupa sarana atau media
sehingga akan lebih menarik perhatian siswa untuk belajar. Pada penelitian ini, pembelajaran dengan menggunakan media
dilaksanakan dengan mencapai kategori baik. Berdasarkan hasil pengamatan, pada penelitian ini terdapat 82,14% siswa
yang mencapai minat belajar pada kategori baik. Berdasarkan hasil skala minat, nilai yang didapat adalah 8,3 pada kategori
baik. Kriteria keberhasilan penelitian telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mempengaruhi
minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 050602 Kuala pada pembelajaran Tematik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan Karakter, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:47
Last Modified: 03 Jun 2021 01:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35838

Actions (login required)

View Item
View Item