Karo Karo, Romaida (2018) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
38. Romaida Karokaro 5.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini. Namun, dalam pembentukan karakter anak terjadi tidak ke arah positif. Hal
ini disebabkan karena pola asuh yang salah. Anak-anak sering kita jumpai berkata tidak jujur atau sering mencuri karena
lingkungannya kurang baik. Dalam hal ini juga dipengaruhi salah satunya karena pendidik atau guru. Pendidik kadang
memiliki karakter yang kurang baik sehingga menimbulkan anak juga berkarakter kurang baik. Guru disebut pemimpin anak
seharusnya mendidik anak mempunyai karakter yang baik namun justru sebagian guru ada yang tidak berkarakter.
Pemimpin bertugas untuk mempengaruhi bawahannya. Sesuai dengan hal tersebut guru harus mampu mempengaruhi anak
untuk memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter yang didapat anak dapat terbentuk jika seorang pemimpin dalam hal
ini guru memiliki nilai-nilai kepemimpinannya seperti berkata jujur, menghargai sesama, tidak pernah mengeluh, bertindak,
mampu menyelesaikan masalah, bekerja keras, memiliki daya semangat, mampu bekerja sama dan berkomunikasi dengan
baik. Semua nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki guru itu akan berpengaruh kepada siswa dan akan membentuk karakter
anak dengan baik. Semuanya itu intinya adalah guru maka guru dapat membentuk pendidikan karakter anak.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Karakter, Kepemimpinan, Anak, |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 06:47 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35813 |