PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP SWASTA ASSISI MEDAN T.A. 2013/2014

Tamba, Paian and Motlan (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP SWASTA ASSISI MEDAN T.A. 2013/2014. Jurnal INPAFI, 03 (01). pp. 147-154. ISSN 2337-4624

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII SMP Swasta Assisi Medan T.A. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Assisi Medan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 145 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30.5 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 29.3. Berdasarkan hasil postes, diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 68.9 dan kelas kontrol 60.4. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 61.43 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII SMP Swasta Assisi Medan T.A. 2013/2014.

Item Type: Article
Keywords: Aktivitas; Hasil belajar; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:59
Last Modified: 21 Aug 2019 04:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35803

Actions (login required)

View Item
View Item