Siregar, Annes Enjelita Putri (2018) PEMBELAJARAN MOTORIK. In: Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, SABTU, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.
Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran motorik merukan hal yang sangat penting dalam perkembangan gerak psikomotor anak. Berdasarkan teori yang dikemukakan para ahli yaitu belajar motorik adalah perubahan gerak setiap individu yang semakin relatif yang di dapatkan dari berbagai pengalaman dan proses latihan. Proses pembelajaran motorik juga memiliki faktor-faktor penghalang dan juga faktor-faktor penunjang. Perkembangan motorik anak akan lebih teroptimalkan jika lingkungan tempat tumbuh kembang anak mendukung mereka untuk bergerak bebas. Kegiatan di luar ruangan bisa menjadi pilihan yang terbaik karena dapat menstimulasi perkembangan otot. Jika kegiatan anak di dalam ruangan, pemaksimalan ruangan bisa dijadikan strategi untuk menyediakan ruang gerak yang bebas bagi anak untuk berlari, berlompat dan menggerakan seluruh tubuhnya dengan cara-cara yang tidak terbatas. Selain itu, penyediaan peralatan bermain di luar ruangan bisa mendorong anak untuk memanjat, koordinasi dan pengembangan kekuatan tubuh bagian atas dan juga bagian bawah. Stimulasi-stimulasi tersebut akan membantu pengoptimalan motorik kasar. Sedangkan kekuatan fisik, koordinasi, keseimbangan dan stamina secara perlahan-lahan dikembangkan dengan latihan sehari-hari.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Motorik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 08:23 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 05:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35750 |