Ginting, Edy Suranta (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.
Edy Suranta Ginting.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Esa Prakarsa Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan gaya mengajar inklusi yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,56%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,44%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 69,72. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 31 orang siswa yang tuntas (86,11%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (13,89%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 81,11. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | PTK. Bola Voli. Gaya Mengajar. Inklusi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 07:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35731 |