PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMANASAN OLAHRAGA SEKALIGUS PENINGKATAN FLEKSIBILITAS SISWA

Rusdi, Abdul Latif (2018) PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMANASAN OLAHRAGA SEKALIGUS PENINGKATAN FLEKSIBILITAS SISWA. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Abdul Latif Rusdi.pdf]
Preview
Text
Abdul Latif Rusdi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebelum melakukan pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan), siswa diwajibkan melakukan pemanasan. Pemanasan dilakukan sebelum pelaksanaan materi inti. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, melenturkan otot dan persendian, melancarkan peredaran darah, dan dapat mencegah terjadinya cedera. Pemanasan terdiri dari pemanasan statis, dinamis dan PNF (Proprioceptive Neuromuscular Facilitation). Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam melakukan pemanasan, guru dapat memberikan variasi pemanasan dengan memodifikasi permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional yang dapat dilakukan sebagai pemanasan adalah alip patung dengan tambahan alat berupa bola plastik yang dijepit diantara kedua mata kaki. Dengan melakukan pemanasan permainan tradisional ini, hasilnya dapat meningkatkan fleksibilitas siswa dengan rata-rata sebesar 37,83%. Untuk itu pemanasan dengan pendekatan permainan tradisional alip patung dapat dilakukan guru PJOK, sebagai alternatif variasi pemanasan di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemanasan, Permainan tradisional, Alip patung, Fleksibilitas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN406 Cultural traits, customs, and institutions
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:08
Last Modified: 30 Jul 2019 07:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35708

Actions (login required)

View Item
View Item